Berita terbaru dari dunia kecerdasan buatan mengguncang panggung permainan poker


Berita terbaru dari dunia kecerdasan buatan mengguncang panggung permainan poker– Texas Hold’em. Sejumlah peneliti kecerdasan buatan telah berhasil mengembangkan program komputer yang mampu mengalahkan pemain profesional dalam permainan tanpa batas. Keberhasilan ini mengisyaratkan kemungkinan bahwa mesin dapat menjadi pesaing yang tangguh bahkan dalam permainan yang kompleks seperti poker.

Pada tanggal 24 Januari, “MIT Technology Review” memberikan sorotan yang menarik terkait pencapaian luar biasa ini. Proses ini melibatkan beberapa peneliti kecerdasan buatan terbaik di dunia, termasuk saya yang lulus dari sana pada tahun 1952. Dalam laporan khusus ini, Will Knight, editor senior MIT Technology Review untuk kecerdasan buatan, menjelaskan bahwa poker melibatkan sejumlah besar informasi yang tidak selalu optimal, menjadikan permainan ini sangat kompleks dan mirip dengan situasi dunia nyata.

Di Rivers Casino di Pittsburgh, sebuah program komputer yang disebut Libratus sedang menjalani uji coba untuk menunjukkan bahwa komputer dapat mengalahkan pemain poker kunjungi agen online terbaik https://guides.co/home manusia di semua tingkatan. Pada saat penulisan ini, Libratus telah bermain ribuan pertandingan head-up Texas Hold’em tanpa batas melawan sejumlah pemain poker berpengalaman. Setelah lebih dari setengah dari kompetisi selama 20 hari, Libratus berhasil memimpin dengan keuntungan hampir $800.000 (Catatan Editor: Libratus akhirnya memenangkan $1,7 juta).

Will Knight menyatakan bahwa kemenangan Libratus dapat dianggap sebagai tonggak besar dalam perkembangan kecerdasan buatan. Poker, dengan sifatnya yang melibatkan informasi yang tidak selalu optimal, merupakan tantangan yang sulit bagi mesin. Knight menekankan perbedaan mendasar antara poker dan permainan lain seperti catur atau Go, di mana tangan lawan tidak tersembunyi selama permainan.

Libratus, yang dikembangkan oleh Tuomas Sandholm, seorang profesor di Departemen Ilmu Komputer di Carnegie Mellon University di Pittsburgh, bersama dengan mahasiswa pascasarjana Noam Brown, merupakan hasil dari 12 tahun riset. Sandholm, seorang ahli teori permainan dan kecerdasan buatan, menjelaskan bahwa poker adalah salah satu permainan paling sulit untuk diatasi oleh kecerdasan buatan. Menurut Andrew Ng, kepala peneliti di Baidu, situs terkemuka Tiongkok yang beroperasi dalam bahasa Inggris, poker menghadirkan tantangan khusus karena melibatkan unsur menggertak dan ketidakpastian.

Para peneliti kecerdasan buatan menggunakan teori permainan, yaitu matematika pembuatan keputusan strategis, untuk mengembangkan taktik terbaik untuk setiap tangan yang dihadapi, mengingat ketidakpastian yang melibatkan banyak variabel. Libratus telah melibatkan beberapa perkembangan baru, termasuk teknik prediksi baru dan metode analisis peluang yang diterapkan melalui Pittsburgh Supercomputing Center.

Sebagai penutup, prestasi Libratus saat ini masih terbatas pada permainan kepala, tetapi pencapaian ini tetap menjadi pencapaian besar dalam dunia kecerdasan buatan.